Cyber Apitaik

RENUNGAN

Sejuk, segar dan dingin itulah tetes embun di pagi hari, pertanda hari akan di mulai. Bukan hanya untuk manusia, melainkan semua makhluk di muka bumi ini. Betapa indahnya bila manusia tidak serakah, tidak ada peperangan dan ingin menang sendiri. Hanya saja terkadang manusia memiliki rasa ego, ambisi terlalu tinggi untuk mendapatkan kesenangan atau kekayaan pribadi yang melimpah tetapi mengabaikan kepentingan yang lain. Seperti yang dialami beberapa bulan terakhir, hampir semua stasiun televisi menayangkan berita kebakaran, banjir dan sebagainya. Penyebabnya kebanyakan dari manusia itu sendiri. Satu contoh kebakaran di hutan, perumahan kumuh atau jalur hijau, itu semua belum tentu murni karena alam, tetapi lebih sering karena ulah tangan manusia yang mungkin disengaja.

Dari gambaran di atas mestinya kita sadar bahwa alam itu bukan hanya untuk satu orang atau dua gelintir orang saja, tetapi semua orang mempunyai kepentingan hidup yang sama, begitu juga makhluk hidup lainnya. Tak terhitung tuhan memberikan kenikmatan-kenikmatan kepada manusia. Apalagi kita yang hidup di Indonesia hasil buminya melimpah, seperti tambang, pertanian yang jarang ditemukan di negaara lain. Tetapi sayang terkadang manusia merusaknya. Untuk itulah kesadaran lingkungan perlu ditingkatkan untuk kita dan generasi kita mendatang.

Cuaca yang selalu tidak menentu, sekarang mendung, sebentar panas, tiba-tiba hujan terus bergantian dan begitu seterusnya. Hati-hati dengan kesehatan kita, karena kondisi yang seperti itu biasanya banyak yang terserang penyakit flu, diare, meriang dan sebagainya. Apalagi akhir-akhir ini cuaca hujan cukup tinggi. Memang air adalah sumber kehidupan, tetapi kalau berlebihan dan tidak bisa menyiasati bisa mendatangkan bencana. Sebagai contoh, jebolnya tanggul Situ Gintung di Tangerang Selatan Banten yang sudah banyak memakan korban jiwa. Khususnya di Jakarta banjir sudah menjadi tradisi yang tak dapat dihindari, mungkin karena kurangnya resapan air, pembuangan air hujan ke laut yang kurang lancar, penyumbatan pada saluran atau selokan karena membuang sampah sembarang tempat dan mungkin juga karena penataan kota dan sebagainya.

Apa yang kita rasakan saat ini tidak lain adalah kondisi cuaca, mendung siang malam yang seakan-akan banjir tinggal menunggu waktu saja. Langkah-langkah apa yang sudah kita persiapkan untuk mengantisipasi seandainya terjadi banjir? Segala sesuatunya kita kembalikan pada diri kita sendiri, sudahkah kita peduli dengan lingkungan kita sendiri, dan disamping itu tampaknya perlu dipertanyakan lagi. Bagaimana langkah pemerintah untuk menyikapi masalah yang menimpa kita hamper tiap tahun ini, tetapi jika kita bersikap bijak, maka segala sesuatunya kita kembalikan pada diri kita sendiri, jika jawabannya belum, coba kita mulai saat ini dan hal yang sederhana serta mudah. Mari singsingkan lengan baju dan bersihkan lingkungan rumah sekitar kita. Upaya besar tidak akan berhasil tanpa dimulai dari usaha yang kecil. Setelah banjir di wasior, tsunami di mentawai Sumatra barat, gunung merapi di jawa tengah, ditambah lagi dengan meletusnya gunung bromo di jawa timur dengan dahsyatnya. Semua itu telah banyak memakan korban jiwa. Zaman ini terlihat seperti zaman yang menyenangkan, zaman kenikmatan duniawi. Namun sesungguhnya zaman ini adalah peringatan terakhir bagi manusia untuk segera berbenah diri dari krisis moral karena dosa-dosa manusia terhadap alam dan Tuhan-Nya. Dengan kejadian-kejadian tersebut manusia hanya bisa pasrah, namun di balik kepasrahan itu sebaiknya kita tetap berusaha atau berupaya sesuai kemampuan, seperti kampanye tentang sadar lingkungan, tentang moral dan sebagainya demi indahnya kehidupan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: