Cyber Apitaik

Imam Hasan ra Menuntut Ilmu Usia 7 Tahun

Menurut jumhur ulama, Hasan ra. adalah cucu Rasulullah saw yang lahir pada bulan Ramadhan tahun ke 3 Hijriah. ketika Nabi saw wafat, Hasan ra. berusia 7 tahun lebih beberapa bulan. Anak kecil berumur 7 tahun pada umumnya tidak dapat melakukan apapun di bidang ilmu pengetahuan. namun ia sempat meriwayatkan beberapa hadits Nabi saw.
Abul hura’ rah.a pernah bertanya kepada Hasan ra. “Apakah ada sesuatu yang dapat engkau ingat dari rasulullah saw?” Jawabnya, “Ya, ada. Suatu ketika, saya sedang berjalan-jalan dengan Rasulullah saw. lalu saya menjumpai setumpuk kuram, dan meletakannya di mulut saya, lalu beliau saw. bersabda. “Kah-kah!.” Sambil mengeluarkan kurma tadi dari mulut saya. Beliau bersabda, “kita tidak boleh memakan harta hasil sedekah.” Saya juga belajar masalah shalat lima waktu dari Nabi saw. Hasan ra. berkata, “Saya telah diajari doa untuk shalat Witir oleh Rasulullah saw. yaitu:

“Ya Allah, tunjukilah aku jalan orang yang telah Engkau beri petunjuk, sehatkanlah aku seperti orang yang telah Engkau sehatkan, peliharalah aku seperti orang yang telah Engkau pelihara, berikanlah aku seperti orang yang telah diber berkah, hindarkanlah aku dari keburukan qadha-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Memutuskan dan tidak ada yang dapat memberi keputusan kepada-Mu, sesungguhnya tidak akan hina orang yang Engkau sayangi dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha berkah (nama)-Mu dan Maha Tinggi ya Tuhanku.”
Imam Hasan ra berkata, “Sya mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa setelah shalat subuh tetap duduk di tempatnya sampai terbit matahari, maka Allah swt, akan menghindarkan dirinya dari api neraka.”
Hasan ra telah berkali-kali pergi hajji dengan berjalan kaki. jika ditanya sebabnya, ia akan menjawab, “Setelah mati nanti, saya merasa malu jika bertemu dengan-Nya sedangkan saya belum pernah pergi ke rumah-Nya dengan berjalan kaki.”

Imam Hasan ra terkenal sangat lembut dan wara’. dalam kitab Musnad Ahmad terdapat beberapa hadits yang telah diriwayatkan olehnya. Pengarang kitab Talqiih juga telah mencantumkan namanya di antara para sahabat yang meriwayatkan hadits-haditsnya. ia telah meriwayatkan sebanyak 13 hadits.

Apa yang dapat dilakukan oleh anak seusia tujuh tahun? Pada usia semuda itu ternyata Imam HAsan ra telah mampu mengingat sejumlah hadits sekaligus meriwayatkannya. ini menunjukkan kemampuan yang sempurna dan semangat yang luar biasa. Tetapi sayang, kita sekarang justru tidak mengajari pengetahuan agama sedikitpun kepada anak-anak kita yang sudah berumur tujuh tahun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 272 other followers

%d bloggers like this: